Jumat, 06 Januari 2017

RPP MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERBIMBING "KALOR DAN PERPINDAHANNYA"

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                                   : SMPN 1 Ajibarang
Mata Pelajaran            : IPA
Kelas/Semester                        : VII (Tujuh) / I (satu)
Materi                                      : Kalor dan perpindahannya
Sub Materi                              : perpindahan kalor (konduksi, konveksi dan radiasi)
Alokasi waktu                         : 30 Menit


A.       Kompetensi Inti

1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.      Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.      Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.       Kompetensi Dasar

1.1    Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1. Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, objektif,  jujur, teliti, cermat, tekun, hati-hati, bertanggungjawab,  terbuka, kritis,  kreatif, inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi.
3.1 Memahami konsep kalor, perpindahan kalor dan penerapanya dalam kehidupan sehari-hari.
4.1  melakukan percobaan untuk meyelidiki pengaruh kalor terhadap perubahan suhu.

C.       Indikator
1.1.1 Peserta didik dapat  mengagumi suhu dan perubahannya serta manfaatnya sebagai anugrah sekaligus ciptaan Tuhan setelah melakukan percobaan.
2.1.1  Peserta didik dapat belajar dan bekerja, baik secara individu maupun berkelompok dalam percobaan.
3.1.1  Peserta didik dapat menjelaskan pengertian kalor setelah melakukan percobaan dan berdiskusi.
3.1.2  Peserta didik dapat menjelaskan macam-macam cara perpindahan kalor setelah  melakukan percobaan dan diskusi
3.1.3 Peserta didik dapat menerapkan prinsip kalor dan perpindahannya dalam kehidupan sehari hari setelah melakukan percobaan dan berdiskusi.
4.1.1  peserta didik dapat mengolah dan menyajikan data serta menarik kesimpulan mengenai kalor dan perpindahannya serta pengaruh kalor terhadap suhu setelah melakukan percobaan dan diskusi.

D.       Tujuan
1.     Peserta didik dengan percaya diri dapat menjelaskan pengertian kalor setelah melakukan percobaan dan berdiskusi.
2.    Peserta didik dengan kreatif mampu menjelaskan perpindahan kalor secara konduksi, konveksi dan radiasi setelah melakukan percobaan.
3.    Peserta didik dengan bijaksana memanfaatkan prinsip konduktor dan isolator dalam kehidupan sehari-hari setelah percobaan
4.    Peserta didik dengan bertanggungjawab dapat menerapkan prinsip perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari setelah melakukan percobaan dan berdiskusi.
5.    Peserta didik degan teliti dapat mengolah dan menyajikan data serta menarik kesimpulan pengaruh kalor setelah melakukan percobaan dan diskusi.

E.       Materi Pembelajaran
A.      KALOR
Kalor adalah salah satu bentuk energi yang berpindah dari benda bersuhu tinggi ke benda bersuhu lebih rendah. Karena kalor sangat identik dengan panas, dalam kehidupan sehari-hari kalor sering digunakan untuk mengganti kata panas. Satuan kalor setara dengan satuan energi, yaitu Joule yang dinotasikan J. Satuan ini ditetapkan oleh James Presscott Joule setelah ia melakukan penelitian menggunakan alat yang kini disebut kalorimeter. Selain dinyatakan dalam joule, kalor juga dapat dinyatakan dalam satuan lain yang disebut kalori, dengan nilai perbandingan 1 Joule = 0,24 kalori.
Meski secara alamiah kalor berpindah dari benda bersuhu tinggi ke benda bersuhu rendah, tapi dengan perlakuan tertentu ternyata kalor dapat berpindah dengan arah yang sebaliknya. Contoh perpindahan kalor dari benda bersuhu rendah ke benda bersuhu tinggi adalah pada proses pembuatan es dan pendingin ruangan.



B.       PERPINDAHAN KALOR


Konduksi adalah perpindahan kalor melalui suatu zat tanpa  disertai perpindahan partikel-partikel zat tersebut. Contoh peristiwa ini adalah ketika kita memanaskan salah satu ujung batang logam. Jika kita memegang ujung yang lain dari batang logam itu, maka kita akan merasakan panas juga. Zat yang dapat menghantarkan kalor dengan baik disebut konduktor, sedangkan zat yang buruk menghantarkan kalor disebut isolator. Pada umumnya, benda logam seperti besi, tembaga, seng, aluminium, dan kuningan merupakan konduktor sementara yang tergolong isolator di antaranya: plastik, kaca, kayu, udara, dan air.

Benda yang jenisnya berbeda memiliki kemampuan menghantarkan panas secara konduksi (konduktivitas) yang berbeda pula. Bahan yang mampu menghantarkan panas dengan baik disebut konduktor. Konduktor buruk disebut isolator. Seperti hasil percobaanmu, logam termasuk konduktor. Kayu dan plastik termasuk isolator.

Konveksi adalah perpindahan kalor yang disertai dengan perpindahan partikel-partikel zat tersebut yang disebabkan oleh perbedaan massa jenis zat. Perpindahan kalor secara konveksi dapat kita amati salah satunya pada saat kita mendidihkan air. Air yang dididihkan akan memanas, lalu memuai sehingga massa jenisnya berkurang. Akibatnya, air bergerak naik dan tempatnya digantikan oleh air yang bersuhu rendah yang bergerak turun karena massa jenisnya lebih besar. Selain pada zat cair seperti contoh di atas, konveksi juga terjadi pada gas (udara). Contoh peristiwa konveksi di udara adalah terjadinya angin darat dan angin laut.
Peristiwa ini menunjukkan pada kita bahwa kalor dapat berpindah tanpa adanya zat perantara, yang disebut dengan radiasi. Apakah kamu merasakan perbedaan panas saat kamu memakai baju hitam dengan saat kamu mengenakan baju putih? Apa yang menyebabkan ini terjadi? Peristiwa ini terjadi karena adanya pengaruh warna benda terhadap banyaknya radiasi kalor yang diserap atau dipancarkan. Benda-benda yang memiliki warna gelap merupakan penyerap dan pemancar kalor yang baik sementara benda-benda dengan warna terang dan  mengkilap merupakan benda-benda yang tidak baik untuk menyerap atau memancarkan kalor.

F.        Metode Pembelajaran
1.     
Pendekatan                                  : Scientific Approach
2.      Metode Pembelajaran                  : diskusi, Tanya jawab, ekperimen
3.      Model Pembelajaran                    : inquiry

G.       Kegiatan Pembelajaran

No.
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu

1.  
Pendahuluan










1.    Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran dengan berdoa.
2.    Guru memberikan apersepsi: mengapa asap bisa keluar melalui cerobong sedangkan hujan tidak bisa masuk melalui cerobong yang sama hingga airnya masuk kerumah.
3.    Mengkomunikasikan  tujuan dan manfaat pembelajaran kepada peserta didik;
4.    Peserta didik dijelaskan langkah inquiry oleh guru.
5.    Peserta didik dibagi  menjadi 3 kelompok.
5 menit



2.
Kegiatan Inti
1.      Penyajian masalah























2.      Mengumpulkan data verifikasi




3.      Eksperimen













4.      Organisasi data dan merumuskan pejelasan





5.      Analisis proses inquiry
Mengamati
1.    Peserta didik mengamati gambar interaktif tentang perpindahan kalor (kegiatan berkemah : memasak dan api unggun)

2.    Peserta didik diberikan permasalahan oleh guru mengenai perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari : pada saat berkemah ada acara memasak. ketika memasak air, air di bagian dasar dan atas akan panas seluruhnya. Saat menurunkan wajan yang masih panas harus memakai kain atau bahan yang sejenis agar tidak panas di tangan. saat api unggun pada malam hari yang dingin, kita dianjurkan untuk tidak terlalu jauh dari titik api unggun.

Menanya
3.    Peserta didik tanya jawab mengapa air yang dimasak bisa seluruhnya panas. Mengapa harus menggunakan kain dan mendekat keapi unggun saat udara terasa dingin.

4.    Peserta didik melakukan pengumpulan informasi melalui buku, internet atau berdiskusi dengan temannya lalu menulis jawaban sementara pada selembar kertas.
Mencoba
5.    Peserta didik dalam kelompok pertama melakukan eksperimen mengenai perpindahan kalor secara konduksi.
6.    Peserta didik dalam kelompok kedua melakukan eksperimen megenai perpindahan kalor secara konveksi.
7.    Peserta didik dalam kelompok ketiga melakukan eksperimen mengenai perpindahan kalor secara radiasi

8.    Peserta didik dalam setiap kelompok saling berinteraksi dan bekerjasama

Mengasosiasi
9.    Peserta didik mencatat hasil eksperimen yang telah dilakukan dan mengerjakan LKS yang disediakan
10.  Peserta didik membuat penjelasan dari eksperimennya.

Mengkomunikasikan
11.  Peserta didik mengomunikasikan hasil eksperimenya
12.  Peserta didik menyampaikan tahap-tahap inquiry yang sudah dilaksanakan
13.  Peserta didik menyampaika kelemahan atau kesalahan yang mungkin terjadi dalam proses eksperimennya.


20 menit




3.
Penutup


·         peserta didik menarik kesimpulan dari pembelajaran yang telah diberikan dibimbing oleh guru
·         Peserta didik mendapat tugas proyek untuk membuat rangkaian seri
Guru menutup pembelajaran dengan berdoa dan salam
5 menit




H.       Penilaian
1.      Ranah Kognitif (Pengetahuan)
Indikator soal
Nomer soal
ket
Bentuk
Mengetahui pengertian kalor
8
mendatar
TTS
6
mendatar
TTS
Mengetahui satuan kalor
1
Menurun
TTS
4
Mendatar
TTS
Mengetahui cara perpindahan kalor
2
Menurun
TTS
5
Menurun
TTS
9
mendatar
TTS
Mengetahui pengertian isolator dan konduktor
1
Mendatar
TTS
3
Menurun
TTS
Mngetahui contoh bahan isolator
7
menurun
TTS

Rubik penilaian kognitif
NO 
SOAL
JAWABAN
KET
SKOR
1
Zat yang dapat memindahkan kalor dengan baik….
konduktor
Sesuai jawaban
1
Tidak sesuai
0
1 joule = 0,24 …..
kalori
Sesuai jawaban
1
Tidak sesuai
0
2
Perpindahan kalor melalui zat tanpa disertai perpindahan partikel zat ….
konduksi
Sesuai jawaban
1
Tidak sesuai
0
3
zat yang buruk menghantarkan kalor ….
isolator
Sesuai jawaban
1
Tidak sesuai
0
4
Satuan kalor….
joule
Sesuai jawaban
1
Tidak sesuai
0
5
perpindahan kalor tanpa adanya zat perantara….
radiasi
Sesuai jawaban
1
Tidak sesuai
0
6
Kalor sebanding dengan …. Benda
Massa
Sesuai jawaban
1
Tidak sesuai
0
7
salah satu contoh isolator ….
Kayu
Sesuai jawaban
1
Tidak sesuai
0
8
salah satu bentuk energi yang berpindah dari suhu tinggi ke benda bersuhu lebih rendah….
Kalor
Sesuai jawaban
1
Tidak sesuai
0
9
Perpindahan kalor yang disertai dengan perpindahan partikel zat…
konveksi
Sesuai jawaban
1
Tidak sesuai
0

Nilai : Jumlah skor  x 10
Nilai maksimal = 100

2.      Ranah Afektif
Nama Peserta Didik                              :  ....................
Pokok Bahasan / Sub Pokok Bahasan   :  ....................          

berilah tanda check list (√ ) pada pilihan 1,2,3 atau 4 berdasarkan pekerjaan sikap peserta didik dalam kelas!
No
Nilai Karakter
skor
4
3
2
1
1
Jujur
2
Disiplin
3
Bertanggungjawab
4
cermat
5
terampil
6
Percaya Diri
7
Peduli
8
kerjasama
9
Kritis
10
Berpikir Logis

Keterangan :
4 = sangat baik
3 = baik
2 = cukup
1 = kurang

 x 100 = Nilai akhir
Skor maksimal : 40

Rubik penilaian afektif
no
karakter
skor
Keterangan
1
Jujur
4
Sangat jujur dalam menuliskan hasil eksperimen.
3
Jujur dalam menuliskan hasil eksperimen tetapi masih ada sedikit kesalahan.
2
Kurang jujur dalam menuliskan hasil praktikum sehingga masih ada beberapa data yang tidak sesuai dengan hasil eksperimen.
1
Tidak jujur dalam menuliskan hasil eksperimen.
2
Disiplin
4
Hadir sebelum pelajaran dimulai.
3
Hadir saat pelajaran akan dimulai.
2
Hadir terlambat kurang dari 15 menit.
1
Hadir terlambat lebih dari 15 menit.
3
Bertanggungjawab
4
Membawa peralatan yang ditugaskan.
3
Tidak membawa 1 item peralatan atau bahan yang ditugaskan.
2
Tidak membawa 2 item peralatan atau bahan yang ditugaskan.
1
Tidak membawa peralatan atau bahan yang ditugaskan.
4
cermat
4
Cermat dan sangat jelas daam menuliskan hasil eksperimen.
3
Cermat dalam menuliska hasil eksperimen tetapi kurang jelas.
2
Kurang cermat dalam menuliskan hasil eksperimen.
1
tidak cermat dalam menuliskan hasil eksperimen.
5
terampil
4
Sangat terampil dalam melakukan eksperimen.
3
Terampil dalam melakukan eksperimen tetapi masih ada beberapa kesalahan kecil.
2
Kurang terampil dalam melakukan eksperimen sehingga masih ada prosedur yang salah.
1
Tidak terampil dalam melakukan eksperimen.
6
Percaya Diri
4
Mengajukan pendapat sesuai pokok permasalahan.
3
Mengajukan pendapat kurang sesuai dengan pokok permasalahan.
2
Mengajukan pendapat tidak sesuai dengan pokok permasalahan.
1
Tidak memberikan pendapat.
7
Peduli
4
Memperhatikan instruksi eksperimen yang disampaikan dengan persentase perhatian 75%-100%.
3
Memperhatikan instruksi eksperimen yang disampaikan dengan persentase perhatian 50%-74%.
2
Memperhatikan instruksi eksperimen yang disampaikan dengan persentase perhatian 25%-49%.
1
Memperhatikan instruksi eksperimen yang disampaikan dengan persentase perhatian 0%-24%.
8
Kerjasama
4
Sangat baik bekerjasama dalam kelompok.
3
Bekerjasama dalam kelompok dengan baik.
2
Kurang dapat bekerjasama dalam kelompok.
1
Tidak dapat bekerjasama dalam kelompok.
9
Kritis
4
Mengajukan pertanyaan yang sesuai dengan pokok bahasan.
3
Mengajukan pertayaan  yang kurang sesuai dengan pokok bahasan.
2
Mengajukan pertanyaan yang tidak sesuai dengan pokok bahasan.
1
Tadak mengajukan pertanyaan.
10
Berpikir Logis
4
Menaggapi pendapat orang lain dengan alasan yang logis.
3
Menanggapi pendapat orang lain dengan alasan yang kurang logis.
2
Menaggapi pendapat orang lain dengan alasan yang tidak logis.
1
Tidak menanggapi pendapat orang lain.

3.      Ranah Psikomotorik
berilah tanda check list (√ ) pada pilihan 1,2 atau 3 berdasarkan pekerjaan peserta didik dalam eksperimen!
No
Aspek yang dinilai
Penilaian
1
2
3
1.
Kelengkapan bahan praktikum yang dibawa



2.
Menggunakan alat dan bahan praktikum dengan benar



3.
Pengematan pada saat eksperimen



4.
Data yang diperoleh dari eksperimen



5.
Menyimpulkan hasil eksperimen




Nilai =  =  = ………………….

Rubrik penilaian psikomotorik
No
Aspek yang dinilai
Penilaian
1
2
3
1.
Kelengkapan bahan eksperimen  yang dibawa
Tidak membawa bahan eksperimen
Membawa bahan tetapi tidak lengkap
membawa bahan eksperimen
2.
Menggunakan alat dan bahan eksperimen dengan benar
Menggunakan alat dan bahan eksperimen tidak sesuai dengan prosedur
Menggunakan alat dan bahan eksperimen kurang sesuai dengan prosedur
Menggunakan alat dan bahan eksperimen sesuai dengan prosedur
3.
Pengematan pada saat eksperimen
Pengamatan tidak cermat
Pengamatan cermat tetapi tidak mendukung interpretasi
Pengamatan cermat mendukung interpretasi
4.
Data yang diperoleh dari eksperimen
Data tidak lengkap
Data lengkap, tetapi tidak  terorganisir atau ada yang salah tulis
Data lengkap, terorganisisr dan ditulis dengan benar
5.
Menyimpulkan hasil eksperimen
Tidak benar atau tidak sesuai tujuan
Sebagian kesimpulan ada yang salah atau tidak sesuai tujuan
Semua benar atau sesuai tujuan

I.          Media
a.       Praktikum perpindahan kalor secara konduksi, konveksi dan radiasi
b.      Lembar kerja peserta didik
c.       PPT

J.         Sumber belajar
·         Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.2014. Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta : usat    Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud
·         Rohima, Iip dan Diana Puspita.2010. Alam sekitar IPA TERPADU. Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementrian Pendidikan Nasional
·         Lembar Kerja Peserta didik
·         Media massa (internet)

Ajibarang , 26 November 2016

Mengetahui                                                                
Kepala SMPN 1 Ajibarang                                         Guru Mata Pelajaran




(__________________________)                                 Farikhahtin
NIP/NIK:                                                                       NIM 4001414025



Categories:

2 komentar: