RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
SMPN 1 Ajibarang
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : VII (Tujuh) / I (satu)
Materi :
Kalor dan perpindahannya
Sub Materi : perpindahan
kalor (konduksi, konveksi dan radiasi)
Alokasi waktu : 30 Menit
A. Kompetensi Inti
1. Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata.
4.
Mencoba, mengolah, dan
menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,dan
membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi Dasar
1.1
Mengagumi keteraturan
dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam
ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam
pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1.
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, objektif, jujur,
teliti, cermat, tekun, hati-hati, bertanggungjawab, terbuka, kritis,
kreatif, inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari
sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi.
3.1 Memahami konsep kalor, perpindahan kalor dan penerapanya dalam
kehidupan sehari-hari.
4.1 melakukan percobaan untuk meyelidiki pengaruh kalor
terhadap perubahan suhu.
C.
Indikator
1.1.1 Peserta didik dapat mengagumi
suhu dan perubahannya serta manfaatnya sebagai anugrah sekaligus ciptaan Tuhan
setelah melakukan percobaan.
2.1.1 Peserta
didik dapat belajar dan bekerja, baik secara individu maupun berkelompok dalam
percobaan.
3.1.1 Peserta didik dapat menjelaskan pengertian kalor setelah melakukan percobaan dan berdiskusi.
3.1.2 Peserta didik dapat menjelaskan macam-macam cara perpindahan kalor setelah melakukan
percobaan dan diskusi
3.1.3 Peserta didik dapat menerapkan prinsip kalor dan perpindahannya
dalam kehidupan sehari hari
setelah melakukan percobaan dan berdiskusi.
4.1.1 peserta
didik dapat mengolah dan menyajikan data serta menarik kesimpulan mengenai kalor
dan perpindahannya serta pengaruh kalor terhadap suhu setelah melakukan percobaan
dan diskusi.
D. Tujuan
1.
Peserta didik dengan percaya
diri dapat menjelaskan
pengertian kalor setelah melakukan percobaan dan berdiskusi.
2.
Peserta didik dengan kreatif mampu menjelaskan perpindahan
kalor secara konduksi, konveksi dan radiasi setelah melakukan percobaan.
3.
Peserta didik dengan bijaksana memanfaatkan prinsip
konduktor dan isolator dalam kehidupan sehari-hari setelah percobaan
4.
Peserta didik dengan bertanggungjawab dapat menerapkan
prinsip perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari setelah melakukan
percobaan dan berdiskusi.
5.
Peserta didik degan teliti dapat mengolah dan menyajikan
data serta menarik kesimpulan pengaruh kalor setelah melakukan percobaan dan
diskusi.
E. Materi Pembelajaran
A.
KALOR
Kalor adalah salah satu bentuk energi yang berpindah dari
benda bersuhu tinggi ke benda bersuhu lebih rendah. Karena kalor sangat identik
dengan panas, dalam kehidupan sehari-hari kalor sering digunakan untuk
mengganti kata panas. Satuan kalor setara dengan satuan energi, yaitu Joule
yang dinotasikan J. Satuan ini ditetapkan oleh James Presscott Joule setelah ia
melakukan penelitian menggunakan alat yang kini disebut kalorimeter. Selain
dinyatakan dalam joule, kalor juga dapat dinyatakan dalam satuan lain yang disebut
kalori, dengan nilai perbandingan 1 Joule = 0,24 kalori.
Meski
secara alamiah kalor berpindah dari benda bersuhu tinggi ke benda bersuhu
rendah, tapi dengan perlakuan tertentu ternyata kalor dapat berpindah dengan
arah yang sebaliknya. Contoh perpindahan kalor dari benda bersuhu rendah ke
benda bersuhu tinggi adalah pada proses pembuatan es dan pendingin ruangan.
B.
PERPINDAHAN
KALOR
Konduksi adalah perpindahan kalor melalui suatu zat tanpa disertai perpindahan partikel-partikel zat tersebut. Contoh peristiwa ini adalah ketika kita memanaskan salah satu ujung batang logam. Jika kita memegang ujung yang lain dari batang logam itu, maka kita akan merasakan panas juga. Zat yang dapat menghantarkan kalor dengan baik disebut konduktor, sedangkan zat yang buruk menghantarkan kalor disebut isolator. Pada umumnya, benda logam seperti besi, tembaga, seng, aluminium, dan kuningan merupakan konduktor sementara yang tergolong isolator di antaranya: plastik, kaca, kayu, udara, dan air.
Benda yang jenisnya berbeda memiliki kemampuan menghantarkan panas secara konduksi (konduktivitas) yang berbeda pula. Bahan yang mampu menghantarkan panas dengan baik disebut konduktor. Konduktor buruk disebut isolator. Seperti hasil percobaanmu, logam termasuk konduktor. Kayu dan plastik termasuk isolator.
Konveksi adalah perpindahan kalor yang disertai
dengan perpindahan partikel-partikel zat tersebut yang disebabkan oleh
perbedaan massa jenis zat. Perpindahan kalor secara konveksi dapat kita amati
salah satunya pada saat kita mendidihkan air. Air yang dididihkan akan memanas,
lalu memuai sehingga massa jenisnya berkurang. Akibatnya, air bergerak naik dan
tempatnya digantikan oleh air yang bersuhu rendah yang bergerak turun karena
massa jenisnya lebih besar. Selain pada zat cair seperti contoh di atas,
konveksi juga terjadi pada gas (udara). Contoh peristiwa konveksi di udara
adalah terjadinya angin darat dan angin laut.
Peristiwa ini menunjukkan pada kita bahwa
kalor dapat berpindah tanpa adanya zat perantara, yang disebut dengan radiasi. Apakah kamu merasakan
perbedaan panas saat kamu memakai baju hitam dengan saat kamu mengenakan baju
putih? Apa yang menyebabkan ini terjadi? Peristiwa ini terjadi karena adanya
pengaruh warna benda terhadap banyaknya radiasi kalor yang diserap atau
dipancarkan. Benda-benda yang memiliki warna gelap merupakan penyerap dan
pemancar kalor yang baik sementara benda-benda dengan warna terang dan mengkilap merupakan benda-benda yang tidak baik untuk
menyerap atau memancarkan kalor.
1. Pendekatan : Scientific Approach
2. Metode
Pembelajaran : diskusi, Tanya jawab, ekperimen
3. Model
Pembelajaran : inquiry
G.
Kegiatan Pembelajaran
No.
|
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
|
1.
|
Pendahuluan
|
1. Menyiapkan
peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran dengan berdoa.
2. Guru
memberikan apersepsi: mengapa asap bisa keluar melalui cerobong sedangkan hujan tidak bisa
masuk melalui cerobong yang sama hingga airnya masuk kerumah.
3. Mengkomunikasikan tujuan dan manfaat pembelajaran
kepada peserta didik;
4.
Peserta didik dijelaskan
langkah inquiry oleh guru.
5.
Peserta didik dibagi menjadi 3 kelompok.
|
5 menit
|
|
2.
|
Kegiatan Inti
1.
Penyajian
masalah
2.
Mengumpulkan
data verifikasi
3.
Eksperimen
4. Organisasi data dan merumuskan pejelasan
5. Analisis proses inquiry
|
Mengamati
1.
Peserta didik
mengamati gambar
interaktif tentang perpindahan
kalor (kegiatan berkemah : memasak dan api unggun)
2.
Peserta
didik diberikan permasalahan oleh guru mengenai perpindahan kalor dalam
kehidupan sehari-hari : pada saat berkemah ada acara memasak. ketika memasak
air, air di bagian dasar dan atas akan panas seluruhnya. Saat menurunkan
wajan yang masih panas harus memakai kain atau bahan yang sejenis agar tidak
panas di tangan. saat api unggun pada malam hari yang dingin, kita dianjurkan
untuk tidak terlalu jauh dari titik api unggun.
Menanya
3.
Peserta didik tanya
jawab mengapa air yang dimasak bisa seluruhnya panas.
Mengapa harus menggunakan kain dan mendekat keapi unggun saat udara terasa
dingin.
4.
Peserta didik melakukan pengumpulan informasi melalui buku,
internet atau berdiskusi dengan temannya lalu menulis jawaban sementara pada selembar kertas.
Mencoba
5.
Peserta
didik dalam kelompok pertama melakukan eksperimen mengenai perpindahan kalor
secara konduksi.
6.
Peserta
didik dalam kelompok kedua melakukan eksperimen megenai perpindahan kalor
secara konveksi.
7.
Peserta
didik dalam kelompok ketiga melakukan eksperimen mengenai perpindahan kalor
secara radiasi
8.
Peserta
didik dalam setiap kelompok saling berinteraksi dan bekerjasama
Mengasosiasi
9.
Peserta
didik mencatat hasil eksperimen yang telah dilakukan dan mengerjakan LKS yang
disediakan
10.
Peserta
didik membuat penjelasan dari eksperimennya.
Mengkomunikasikan
11.
Peserta
didik mengomunikasikan hasil eksperimenya
12.
Peserta
didik menyampaikan tahap-tahap inquiry yang sudah dilaksanakan
13.
Peserta
didik menyampaika kelemahan atau kesalahan yang mungkin terjadi dalam proses
eksperimennya.
|
20 menit
|
|
3.
|
Penutup
|
·
peserta didik menarik kesimpulan dari pembelajaran
yang telah diberikan dibimbing oleh guru
·
Peserta didik
mendapat tugas proyek untuk membuat rangkaian seri
Guru menutup
pembelajaran dengan berdoa dan salam
|
5 menit
|
|
H.
Penilaian
1. Ranah Kognitif (Pengetahuan)
Indikator soal
|
Nomer soal
|
ket
|
Bentuk
|
Mengetahui pengertian kalor
|
8
|
mendatar
|
TTS
|
6
|
mendatar
|
TTS
|
|
Mengetahui satuan kalor
|
1
|
Menurun
|
TTS
|
4
|
Mendatar
|
TTS
|
|
Mengetahui cara perpindahan kalor
|
2
|
Menurun
|
TTS
|
5
|
Menurun
|
TTS
|
|
9
|
mendatar
|
TTS
|
|
Mengetahui pengertian isolator dan konduktor
|
1
|
Mendatar
|
TTS
|
3
|
Menurun
|
TTS
|
|
Mngetahui contoh bahan isolator
|
7
|
menurun
|
TTS
|
Rubik
penilaian kognitif
NO
|
SOAL
|
JAWABAN
|
KET
|
SKOR
|
1
|
Zat yang dapat memindahkan kalor dengan baik….
|
konduktor
|
Sesuai jawaban
|
1
|
Tidak sesuai
|
0
|
|||
1 joule = 0,24 …..
|
kalori
|
Sesuai jawaban
|
1
|
|
Tidak sesuai
|
0
|
|||
2
|
Perpindahan kalor melalui zat tanpa disertai perpindahan partikel zat ….
|
konduksi
|
Sesuai jawaban
|
1
|
Tidak sesuai
|
0
|
|||
3
|
zat yang buruk menghantarkan kalor ….
|
isolator
|
Sesuai jawaban
|
1
|
Tidak sesuai
|
0
|
|||
4
|
Satuan kalor….
|
joule
|
Sesuai jawaban
|
1
|
Tidak sesuai
|
0
|
|||
5
|
perpindahan kalor tanpa adanya zat perantara….
|
radiasi
|
Sesuai jawaban
|
1
|
Tidak sesuai
|
0
|
|||
6
|
Kalor sebanding dengan …. Benda
|
Massa
|
Sesuai jawaban
|
1
|
Tidak sesuai
|
0
|
|||
7
|
salah satu contoh isolator ….
|
Kayu
|
Sesuai jawaban
|
1
|
Tidak sesuai
|
0
|
|||
8
|
salah satu bentuk energi yang berpindah dari suhu
tinggi ke benda bersuhu lebih rendah….
|
Kalor
|
Sesuai jawaban
|
1
|
Tidak sesuai
|
0
|
|||
9
|
Perpindahan kalor yang disertai dengan perpindahan
partikel zat…
|
konveksi
|
Sesuai jawaban
|
1
|
Tidak sesuai
|
0
|
Nilai : Jumlah skor x 10
Nilai maksimal = 100
2. Ranah Afektif
Nama Peserta Didik :
....................
Pokok Bahasan / Sub
Pokok Bahasan : ....................
berilah tanda check list (√ ) pada pilihan 1,2,3 atau
4 berdasarkan pekerjaan sikap peserta didik dalam kelas!
No
|
Nilai Karakter
|
skor
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Jujur
|
||||
2
|
Disiplin
|
||||
3
|
Bertanggungjawab
|
||||
4
|
cermat
|
||||
5
|
terampil
|
||||
6
|
Percaya Diri
|
||||
7
|
Peduli
|
||||
8
|
kerjasama
|
||||
9
|
Kritis
|
||||
10
|
Berpikir Logis
|
Keterangan :
4 = sangat baik
3 = baik
2 = cukup
1 = kurang

Skor maksimal : 40
Rubik penilaian afektif
no
|
karakter
|
skor
|
Keterangan
|
1
|
Jujur
|
4
|
Sangat jujur dalam menuliskan hasil eksperimen.
|
3
|
Jujur dalam
menuliskan hasil eksperimen tetapi masih ada sedikit kesalahan.
|
||
2
|
Kurang jujur dalam menuliskan hasil praktikum sehingga masih ada
beberapa data yang tidak sesuai dengan hasil eksperimen.
|
||
1
|
Tidak jujur
dalam menuliskan hasil eksperimen.
|
||
2
|
Disiplin
|
4
|
Hadir sebelum pelajaran dimulai.
|
3
|
Hadir saat pelajaran
akan dimulai.
|
||
2
|
Hadir terlambat kurang dari 15 menit.
|
||
1
|
Hadir terlambat
lebih dari 15 menit.
|
||
3
|
Bertanggungjawab
|
4
|
Membawa peralatan yang ditugaskan.
|
3
|
Tidak membawa 1
item peralatan atau bahan yang ditugaskan.
|
||
2
|
Tidak membawa 2 item peralatan atau bahan yang ditugaskan.
|
||
1
|
Tidak membawa
peralatan atau bahan yang ditugaskan.
|
||
4
|
cermat
|
4
|
Cermat dan sangat jelas daam menuliskan hasil eksperimen.
|
3
|
Cermat dalam
menuliska hasil eksperimen tetapi kurang jelas.
|
||
2
|
Kurang cermat dalam menuliskan hasil eksperimen.
|
||
1
|
tidak cermat
dalam menuliskan hasil eksperimen.
|
||
5
|
terampil
|
4
|
Sangat terampil dalam melakukan eksperimen.
|
3
|
Terampil dalam
melakukan eksperimen tetapi masih ada beberapa kesalahan kecil.
|
||
2
|
Kurang terampil dalam melakukan eksperimen sehingga masih ada prosedur
yang salah.
|
||
1
|
Tidak terampil
dalam melakukan eksperimen.
|
||
6
|
Percaya Diri
|
4
|
Mengajukan pendapat sesuai pokok permasalahan.
|
3
|
Mengajukan
pendapat kurang sesuai dengan pokok permasalahan.
|
||
2
|
Mengajukan pendapat tidak sesuai dengan pokok permasalahan.
|
||
1
|
Tidak
memberikan pendapat.
|
||
7
|
Peduli
|
4
|
Memperhatikan instruksi eksperimen yang disampaikan dengan persentase
perhatian 75%-100%.
|
3
|
Memperhatikan
instruksi eksperimen yang disampaikan dengan persentase perhatian 50%-74%.
|
||
2
|
Memperhatikan instruksi eksperimen yang disampaikan dengan persentase
perhatian 25%-49%.
|
||
1
|
Memperhatikan
instruksi eksperimen yang disampaikan dengan persentase perhatian 0%-24%.
|
||
8
|
Kerjasama
|
4
|
Sangat baik bekerjasama dalam kelompok.
|
3
|
Bekerjasama
dalam kelompok dengan baik.
|
||
2
|
Kurang dapat bekerjasama dalam kelompok.
|
||
1
|
Tidak dapat
bekerjasama dalam kelompok.
|
||
9
|
Kritis
|
4
|
Mengajukan pertanyaan yang sesuai dengan pokok bahasan.
|
3
|
Mengajukan
pertayaan yang kurang sesuai dengan
pokok bahasan.
|
||
2
|
Mengajukan pertanyaan yang tidak sesuai dengan pokok bahasan.
|
||
1
|
Tadak
mengajukan pertanyaan.
|
||
10
|
Berpikir Logis
|
4
|
Menaggapi pendapat orang lain dengan alasan yang logis.
|
3
|
Menanggapi
pendapat orang lain dengan alasan yang kurang logis.
|
||
2
|
Menaggapi pendapat orang lain dengan alasan yang tidak logis.
|
||
1
|
Tidak
menanggapi pendapat orang lain.
|
3. Ranah Psikomotorik
berilah tanda check list (√ )
pada pilihan 1,2 atau 3 berdasarkan pekerjaan peserta didik dalam eksperimen!
No
|
Aspek
yang dinilai
|
Penilaian
|
||
1
|
2
|
3
|
||
1.
|
Kelengkapan bahan praktikum yang dibawa
|
|||
2.
|
Menggunakan
alat dan bahan praktikum dengan benar
|
|||
3.
|
Pengematan pada saat eksperimen
|
|||
4.
|
Data yang
diperoleh dari eksperimen
|
|||
5.
|
Menyimpulkan hasil eksperimen
|
Nilai =
=
= ………………….


Rubrik
penilaian psikomotorik
No
|
Aspek
yang dinilai
|
Penilaian
|
||
1
|
2
|
3
|
||
1.
|
Kelengkapan bahan eksperimen yang dibawa
|
Tidak membawa bahan eksperimen
|
Membawa bahan tetapi tidak lengkap
|
membawa bahan eksperimen
|
2.
|
Menggunakan
alat dan bahan eksperimen dengan benar
|
Menggunakan
alat dan bahan eksperimen tidak sesuai dengan prosedur
|
Menggunakan
alat dan bahan eksperimen kurang sesuai dengan prosedur
|
Menggunakan alat dan bahan
eksperimen sesuai dengan prosedur
|
3.
|
Pengematan pada saat eksperimen
|
Pengamatan tidak cermat
|
Pengamatan cermat tetapi tidak mendukung
interpretasi
|
Pengamatan cermat mendukung interpretasi
|
4.
|
Data yang
diperoleh dari eksperimen
|
Data tidak
lengkap
|
Data
lengkap, tetapi tidak terorganisir
atau ada yang salah tulis
|
Data lengkap, terorganisisr dan
ditulis dengan benar
|
5.
|
Menyimpulkan hasil eksperimen
|
Tidak benar atau tidak sesuai
tujuan
|
Sebagian kesimpulan ada yang
salah atau tidak sesuai tujuan
|
Semua benar atau sesuai tujuan
|
I.
Media
a.
Praktikum perpindahan kalor secara konduksi, konveksi dan radiasi
b.
Lembar kerja peserta didik
c.
PPT
J.
Sumber belajar
·
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan.2014. Ilmu
Pengetahuan Alam. Jakarta : usat Kurikulum
dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud
·
Rohima, Iip dan
Diana Puspita.2010. Alam sekitar IPA
TERPADU. Jakarta: Pusat Perbukuan,
Kementrian Pendidikan Nasional
·
Lembar Kerja Peserta
didik
·
Media massa
(internet)
Ajibarang ,
26 November 2016
Kepala SMPN 1 Ajibarang
Guru Mata Pelajaran
(__________________________) Farikhahtin
NIP/NIK: NIM
4001414025
terima kasih. sangat bermanfaat. kalau boleh ttsny ditampilkan juga.😊
BalasHapussama-sama kakak :)
Hapus