RENCANA
PELAKSANAAN PEMBEAJARAN
Oleh
: Farikhahtin (4001414025 – Unnes)
Tugas Matakuliah Konservasi
Satuan
pendidikan :
Mata
Pelajaran : IPA
Kelas/semester : IX
semester II
Tema : Teknologi ramah lingkungan
Sub
topic : perilaku hemat energy dalam keseharian
Alokasi
waktu : 20 menit
A.
KOMPETENSI INTI
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
4.
Mencoba,
mengolah, dan menyajidalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi,dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
KOMPETENSI DASAR
4.1. Mengumpulkan
data mengenai permasalahan dalam kehidupan sehari-hari mengenai pengaruh proses
lingkungan terhadap manusia
4.2. Menjelaskan
perilaku hemat energy dalam kehidupan sehari-hari.
C.
INDIKATOR
a)
Peserta
didik dapat menjelaskan pengaruh proses-proses lingkungan terhadap kehidupan
manusia
b)
Peserta
didik memahami pentingnya perilaku hemat energy dan menerapkannya secara bijak dan adil dalam kehidupan sehari-hari.
D.
MATERI
Penggunaan kendaraan yang ramah
lingkungan merupakan salah satu upaya dalam pelestarian lingkungan. Para ahli
bidang otomotif juga mulai memproduksi kendaraan hybrid, yang bahan bakarnya
selain menggunakan BBM juga menggunakan energy listrik dari cahaya matahari.
Contoh perilaku hemat energy
- Membudayakan penggunaan sepeda atau jalan
kaki untuk kegiatan sehari-hari.
- Mematikan kendaraan jika sedang tidak
digunakan dan jangan terlalu ama menyalakan kendaraan ketika akan digunakan
- Mematikan lampu saat tidur dan siang hari
- Jika menggunakan pompa air listrik untuk
mengalirkan air, penuhilah bak mandi dan tempat penampungan air dalam sekali
waktu.
- Membuat jadwal mencuci dan menyetrika
pakaian secara teratur
- Jika menggunakan kendaraan sebaiknya
berangkat lebih pagi agar terhindar dari kemacetan.
- Memilih peralatan rumah tangga yang hemat
energy.
- Tidak membuang kertas bekas begitu saja.
- Menggunakan air secukupnya saat mandi dan
mencuci.
E.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
20
menit
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
Menciptakan situasi (stimulation)
|
Pemusatan perhatian
a.
Guru
mengucapkan salam dan berdoa.
b.
Guru
mempresensi siswa.
c.
Peserta
didik diberitahu kompetensi dasar dan indikator pembelajaran.
d.
Peserta
didik ditayangkan video tentang kearifan lokal yang berkaitan dengan perilaku
hemat energy “suku baduiy”
|
2
menit
|
Kegiatan Inti
Identifikasi masalah
Pembentukan kelompok
Pemberian isu
Persiapan bahan debat
Debat argumen
Verifikasi
|
Melalui proses
mengamati
a. Peserta didik ditayangkan video
tentang kearifan lokal yang berkaitan dengan perilaku hemat energy “suku
baduiy”
Melalui proses
menanya
b. Peserta didik bertanya mengenai
hubungan suku baduiy dengan penghematan energi.
c. peserta didik dibagi dalam 2 kelompok,.
d. Dua kelompok menempatkan diri di
depan kelas untuk persiapan debat.
e. Guru menentukan kelompok pro
dan kontra
f. Peserta didik diberikan
pernyataan mengenai “penerapan konservasi energy suku baduiy diterapkan di
semarang”
Melalui Proses mencari
informasi dan asosiasi
g. Peserta didik dengan kreatif menyiapkan argument sesuai
dengan perspektif kelompoknya
h. Peserta didik dengan percaya diri menuliskan pendapat
kelompoknya setelah membaca dari berbagai sumber
Melalui Proses Kunikasi
i.
Peserta
didik melalui proses debat menyampaikan setiap argument dengan penuh tanggung jawab dan menanggapi
argument kelompok lain dengan alasan yang logis dan disampaikan dengan santun.
j.
Guru
mengklarifikasi hasil debat yang sudah dilaksanakan dengan membandingkan
isu-isu yang diamati
|
15 menit
|
Penutup
generalisasi
|
k. Guru memberikan penghargaan
(misalnya pujian atau penghargan lain) terhadap masing masing kelompok atas
argumennya.
l.
Guru
memberikan angket dan latihan soal terkait penghematan energi
m. Peserta didik bersama guru
menutup pembelajaran dengan berdoa.
|
3 menit
|
F.
PENILAIAN
1.
Kognitif
Indikator
|
skor
|
nomer
|
bentuk
|
Menyebutkan
dengan logis mengenai sumber energy yang paling aman bagi lingkungan
|
10
|
1
|
TTS
|
Menyebutkan
rancangan rumah hemat energi
|
10
10
|
2
8
|
TTS
|
Menyebutkan
tujuan dari hemat energi
|
10
|
3
|
TTS
|
Mengetahui lampu
hemat energi
|
10
10
|
4
7
|
TTS
|
Menyebutkan
alat pengubah energy ramah lingkungan
|
10
10
|
5
6
|
TTS
|
Menyebutkan
salah satu tindakan hemat energi
|
10
|
9
|
TTS
|
menyebutkan
pengertian hemat
|
10
|
10
|
TTS
|
Rubik Penilaian
Kognitif
NO
|
SOAL
|
SKOR
|
KETERANGAN
|
1
|
Sumber
energy yang paling aman bagi lingkungan adalah …
|
10
|
Matahari
|
0
|
Tidak
menjawab / salah
|
||
2
|
Salah
satu bahan atap rumah untuk memantulkan panas matahari adalah ….
|
10
|
aluminium
foil
|
0
|
Tidak
menjawab / salah
|
||
3
|
Hemat
energy dalam keseharian merupakan upaya agar lingkungan tetap ….
|
10
|
Lestari
|
0
|
Tidak
menjawab / salah
|
||
4
|
Light
Emmiting Diode
|
10
|
LED
|
0
|
Tidak
menjawab / salah
|
||
5
|
Alat pengubah energy matahari menjadi listrik
|
10
|
Sel
surya
|
0
|
Tidak
menjawab / salah
|
||
6
|
Pembangkit
listrik tenaga air
|
10
|
hydropower
|
0
|
Tidak
menjawab / salah
|
||
7
|
Tidak
menggunakan lampu pijar namun menggunakan lampu ….
|
10
|
Neon
|
0
|
Tidak
menjawab / salah
|
||
8
|
Agar
udara masuk, maka diperlukan fentilasi. Salah satu fentilasi di rumah ….
|
10
|
Jendela
|
0
|
Tidak
menjawab / salah
|
||
9
|
Budaya
jalan kaki bertujuan untuk menghemat ….
|
10
|
Bahan
bakar
|
0
|
Tidak
menjawab / salah
|
||
10
|
Tidak
boros
|
10
|
Hemat
|
0
|
Tidak
menjawab / salah
|
2. Afektif
Sikap Yang
dinilai
|
Instrumen
|
ket
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
Kehadiran
peserta didik
|
|
|
|
|
|
Persiapan
awal
|
|
|
|
|
|
Partisipasi
dalam kegiatan debat di kelas
|
|
|
|
|
|
diskusi
|
|
|
|
|
|
Kerjasama
dalam kelompok
|
|
|
|
|
|
Partisipasi
dalam kegiatan hemat energi di kehidupan sehari-hari
|
|
|
|
|
|
Rubik
Penilaian Afektif
Sikap Yang
Dinilai
|
rubik
|
ket
|
Kehadiran
peserta didik
|
4 : tepat waktu
3 : terlambat 5 menit
2 : terlambat 10 menit
1
: tidak hadir
|
|
Partisipasi
dalam kegiatan debat di kelas
|
4 : aktif dalam menyelesaikan masalah
3 : 2 kali memberikan pendapat di kegiatan
2 : 1 kali memberikan pendapat di kegiatan
1
: tidak pernah memberikan pendapat
|
|
diskusi
|
4 : aktif berdiskusi dengan teman kelompok
3 : 2 kali memeberi usulan saat diskusi
2 : 1 kali memberi usulan saat diskusi
1
: pasif, tidak memberi usulan
|
|
Kerjasama
dalam kelompok
|
4 : saling membantu
3 : kurang respon dengan anggota kelompok
2 : jarang merespon dengan anggota kelompok
1
: tidak respon sama sekali
|
|
Partisipasi
dalam kegiatan hemat energi di kehidupan sehari-hari
|
4 : skor 81 - 100
3 : skor 61 - 80
2 : skor 41 - 60
1
: skor 0 - 40
|
|
3. Psikomotorik
Sikap Yang dinilai
|
Instrumen
|
ket
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
Terampil
dalam menyangga pernyataan
|
|
|
|
|
|
Terampil
menyampaikan Pendapat
|
|
|
|
|
|
Terampil
mempertahankan pendapatnya ketika berpendapat
|
|
|
|
|
|
Menggunakan
berbagai media untuk mempertahanan pendapatnya
|
|
|
|
|
|
Memperhatikan/
mengikuti pembelajaran dengan tertib
|
|
|
|
|
|
Rubik
Penilaian Psikomotorik
Sikap Yang
Dinilai
|
rubik
|
ket
|
Terampil
dalam menyangga pernyataan
|
4 : menyangga
semua pernyataan dari kelompok lawandengan logis
3 : 1 kali menyangga pernyataan
dengan logis
2 : 1 kali
menyangga pernyataan dengan kurang logis
1 : tidak
dapat menyangga pernyataan dari kelompok lawan
|
|
Terampil
menyampaikan Pendapat
|
4 : menyampaikan
pendapat lebih dari 2 kali dengan sopan dan santun
3 : 2 kali menyampaikan
pendapat dengan sopan dan santun
2 : 1 kali
menyampaikan pendapat dengan sopan dan santun
1 : tidak
menyampaikan pendapat dengan sopan dan santun
|
|
Terampil
mempertahankan pendapatnya ketika berpendapat
|
4 : mengemukakan
pendapatnya/bertahan lebih dari 3 kali.
3 : mengemukakan
pendapatnya/bertahan lebih dari 2 kali.
2 : mengemukakan
pendapatnya/bertahan hanya satu kali.
1 : tidak
dapat mempertahankan pendapatnya sama sekali/ hanya diam.
|
|
Menggunakan
berbagai media untuk mempertahanan pendapatnya
|
4 : menggunakan lebih dari tiga cara
dalam mempertahankan pendapatnya (diskusi,internet dll)
3 : menggunakan 2 cara dalam
mempertahankan pendapatnya.
2 : menggunakan 1 cara dalam
mempertahankan pendapatnya
1
: tidak berusaha mencari cara dalam
mempertahankan pendapatnya
|
|
Memperhatikan/
mengikuti pembelajaran dengan tertib
|
4 : mempertahankan dan mematuhi
peraturan dengan tertib dari awal hingga akhir pembelajaran
3 : memperhatikan dan mematuhi
peraturan dengan tertib setengah pembelajaran
2 : memperhatikan dan mematuhi peraturan
dengan tertib hanya diawal saja
1
: tidak memperhatikan dan mematuhi
peraturan dengan tertib selama pembelajaran
|
|
Angket
perilaku berhemat
Berilah tanda checklis
di bawah ini dengan jujur
NO
|
PERNYATAAN
|
SS
|
S
|
TS
|
STS
|
1
|
Selalu
mematikan lampu setelah digunakan
|
|
|
|
|
2
|
Selalu
mematikan lampu pada siang hari
|
|
|
|
|
3
|
Menggunakan
penampungan air
|
|
|
|
|
4
|
Selalu
Mematikan kran setelah digunakan
|
|
|
|
|
5
|
Jika
memiliki lemari es, selalu menutup pintu lemari es dengan rapat
|
|
|
|
|
6
|
Selalu
mematikan TV jika tidak ditonton
|
|
|
|
|
7
|
Sering
berjalan kaki jarak dekat
|
|
|
|
|
8
|
Sering
menggunakan kendaraan umum jika bepergian jauh
|
|
|
|
|
9
|
Sering
emanfaatkan pengering pakaian alami (matahari) daripada alat pengering
pakaian
|
|
|
|
|
10
|
Selalu
menjaga tanaman dirumah agar tetap tumbuh
|
|
|
|
|
Keterangan :
SS = Sangat setuju
S =
Setuju
TS = Tidak Setuju
STS = Sangat Tidak Setuju
Penilaian
angket
Jawaban
|
Bobot
|
Sangat Setuju
(SS)
|
4
|
Setuju (S)
|
3
|
Tidak Setuju
(TS)
|
2
|
Sangat Tidak
Setuju (STS)
|
1
|
Skor
= (Total Bobot) x 100
40
Setelah
skor didapatkan maka dimasukkan kedalam rubik penilaian afektif
skor
|
kategori
|
81-100
|
4
|
61-80
|
3
|
41-60
|
2
|
0-40
|
1
|
LAMPIRAN
1.
Instrument penilaian kognitif
AYO ISI TEKA-TEKI SILANG DIBAWAH INI
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
4
|
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
MENDATAR
|
MENURUN
|
2. Salah satu bahan atap rumah untuk memantulkan
panas matahari adalah ….
3. Hemat energy dalam keseharian merupakah upaya agar lingkungan
tetap ….
5. Alat pengubah energy matahari menjadi listrik …
6. Pembangkit listrik tenaga air.
8. Agar udara masuk, maka diperlukan fentilasi. Salah satu fentilasi
dirumah …
|
1.
Sumber energy yang paling aman bagi lingkungan adalah…
4.
Light Emmiting Diode.
7.
Tidak menggunakan lampu pijar tapi menggunakan lampu…
9.
Budaya jalan kaki bertujuan untuk menghemat …
10.
Tidak boros.
|
2.
Angket periaku berhemat
Berilah tanda checklis di bawah ini dengan jujur
NO
|
PERNYATAAN
|
SS
|
S
|
TS
|
STS
|
1
|
Selalu
mematikan lampu setelah digunakan
|
|
|
|
|
2
|
Selalu
mematikan lampu pada siang hari
|
|
|
|
|
3
|
Menggunakan
penampungan air
|
|
|
|
|
4
|
Selalu
Mematikan kran setelah digunakan
|
|
|
|
|
5
|
Jika
memiliki lemari es, selalu menutup pintu lemari es dengan rapat
|
|
|
|
|
6
|
Selalu
mematikan TV jika tidak ditonton
|
|
|
|
|
7
|
Sering
berjalan kaki jarak dekat
|
|
|
|
|
8
|
Sering
menggunakan kendaraan umum jika bepergian jauh
|
|
|
|
|
9
|
Sering
emanfaatkan pengering pakaian alami (matahari) daripada alat pengering
pakaian
|
|
|
|
|
10
|
Selalu
menjaga tanaman dirumah agar tetap tumbuh
|
|
|
|
|
Keterangan
:
SS =
Sangat setuju
S = Setuju
TS =
Tidak Setuju
STS =
Sangat Tidak Setuju
G.
MEDIA
alat optik, lembar
soal, ppt.
H.
Sumber
Widodo, Tri dkk.
2009. IPA TERPADU KELAS VIII. Jakarta
: Mefi Caraka
Semarang, 4 September 2016
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru Mata
Pelajaran
Arif Widiyatmoko, M.Pd Farikhahtin
NIP.
198412152009121006 NIM.
4001414025
0 komentar:
Posting Komentar