Jumat, 30 Mei 2014

CONTOH LAPORAN HASIL OBSERVASI WISATA ALAM CURUG CEHENG SUMBANG, PURWOKERTO

Hallo! akhirnya saya kembali lagi setelah sekian lama saya vakum demi ujian nasional. Dan kalian tahu ujian nasional sudah berlalu. Haha tinggal menunggu pengumuman nih. Nah ini saya postkan hasil observasi saya tentang wisata alam Curug Ceheng. Sebenarnya ini sudah saya buat dari kelas XI sewaktu saya tidak jadi mengikuti study wisata ke Bali dan baru terpostkan sekarang. Harap maklum karena kesibukan dan krisis moneter dompet yang sering melanda, hehe. Baiklah, ini saya buat sendiri dengan segala kemampuan pengetahuan saya. Oleh karena itu, Mohon maaf jika terdapat tulisan yang tidak sesuai dan sebagainya. Maklum baru SMA *berdalih*. Saya berharap tulisan ini bermanfaat untuk adik kelas saya di SMA Negeri
Ajibarang, yang tidak mengikuti study wisata dan ditugaskan membuat laporan seperti yang saya tulis ini. Juga kepada siapapun yang membutuhkan ini, mungkin untuk pertimbangan berwisata atau penelitian dan sebagainya. Intinya disini saya sedikit mempromosikan keelokan daerah saya hehe. Semata-mata karena saya bangga dengan daerah saya, Banyumas. semoga berguna ^^


LAPORAN HASIL OBSERVASI
WISATA ALAM CURUG CEHENG
SUMBANG, PURWOKERTO




Disusun oleh : FARIKHAHTIN
Kelas : XI IPA 3


SMA NEGERI AJIBARANG
TAHUN PELAJARAN
2013-2014





KATA PENGANTAR
Assalamu’alaikum wr.wb
Puja dan puji syukur penulis panjatkan kehadirat Alloh SWT. Yang mana telah melimpahkan rahmat, taufik dan hidayah-Nya sehingga saya dapat menyusun laporan hasil observasi ini tepat pada waktunya. Saya senang karena dapat menyajikan laporan ini kepada para pembaca, meskipun laporan ini saya susun untuk memenuhi tugas Liburan Semester, namun saya juga berharap laporan ini dapat membantu penulis dan pembaca agar mengetahui lebih lanjut mengenai ‘ KEADAAN WISATA ALAM CURUG CEHENG, SUMBANG, PURWOKERTO, BANYUMAS ’ yang mana akan menjadi topik persembahan saya kali ini.
Namun penulis menyadari, laporan ini tidak akan tersusun dan terselesaikan dengan baik tanpa dukungan dan bantuan dari berbagai pihak. Oleh karena itu saya ingin mengucapkan banyak terimakasih kepada :
-    Bapak Bramasto, S.Pd selaku Guru Olahraga yang telah menugaskan observasi ini kepada saya.
-    Bapak Dikin selaku penjaga loket Wisata Alam Curug Ceheng yang bersedia menjadi narasumber untuk memberikan informasi seputar Curug Ceheng.
-    Bapak Supriyanto, S.Pd selaku Guru Bahasa Indonesia yang telah memberikan banyak bimbingan dan masukan dalam observasi ini.
-    Bapak dan Ibu selaku orang tua yang telah memberikan dukungan besar baik berupa material maupun spiritual.
-    Mas A’thourrohman selaku kakak laki-laki yang telah menemani saya melakukan observasi ini.
-    Mas Kamal Fauzi selaku teman sejawat yang telah memberikan informasi lokasi Wisata Alam Curug Ceheng, Sumbang, purwokerto, Banyumas.
-     dan teman-teman yang telah memberikan banyak informasi dan masukan, juga kepada semua pihak yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu.
Saran dan kritik dari pembaca sangat penulis harapkan untuk perbaikan laporan observasi ini, karena penulis menyadari bahwa laporan observasi ini masih banyak terdapat kekurangan. Semoga laporan ini memberi manfaat bagi para pembaca semuanya. Aamiin. Terimakasih.
Wassalamu’alaikum wr.wb.

Ajibarang, 3 Juli 2013


Penulis



DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I : PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah
B.    Tujuan Observasi
C.    Pelaksanaan Observasi
D.    Rumusan Masalah
BAB II : PEMBAHASAN
A.    Wisata Alam Curug Ceheng.
B.    Daya tarik Wisata Alam Curug Ceheng.
C.    Kekurangan dari Wisata Alam Curug Ceheng.
D.    Faktor yang mempengaruhi kurangnya jumlah pengunjung Wisata Alam Curug Ceheng.
BAB III : PENUTUP
A.    Kesimpulan
B.         Saran
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN



BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah
Alam semesta adalah anugerah Tuhan yang amat bernilai kepada kesejahteraan kehidupan. Alam merupakan sesuatu yang sudah ada, telah ada dan akan ada. Alam sekitar yang tidak tercemar memberikan kita suasana yang nyaman, indah dan menyehatkan. Salah satu pemanfaatan alam yang tersedia adalah menjadikannya sebagai wisata alam. Aset berharga yang dimiliki oleh tiap-tiap wilayah salah satunya adalah alam, apalagi jika memiliki keelokan tersendiri. Sebab itu, banyak wilayah yang mengambil kebijakan menjadikan alam sebagai tempat wisata.
Wisata alam disamping bertujuan melestarikan keindahan alam juga merupakan suatu langkah yang dipilih untuk mengenalkan keelokan alam semesta yang dimiliki kepada masyarakat luas. Wisata alam banyak macamnya seperti Wisata alam air terjun, telaga, danau, gunung, laut dan masih banyak lagi. Wisata alam bahkan sangat cocok untuk berwisata keluarga, piknik dan sangat nyaman untuk melepas penat. Disamping itu wisata alam juga digunakan untuk memperkenalkan pada generasi muda bahwa alam sangatlah elok dan penting untuk dilestarikan, tak lupa untuk mengajarkan rasa syukur kepada generasi muda. Namun pada zaman sekarang lebih banyak masyarakat yang lebih tertarik terhadap wahana-wahana buatan manusia seperti wahana kolam renang sebagai contoh objek wisata Owabong, Dreamland juga seperti wahana bermain seperti Duffan dan yang lainnya, sehingga wisata alam sedikit tersisihkan. Banyak wilayah  yang mengelola alam sebagai wisata alam dengan baik dan mengemasnya dengan menarik namun adapula wilayaH yang kurang dalam mengelola keindahan alamnya, sehingga kurang menarik perhatian masyarakatnya.
B.    TUJUAN OBSERVASI
Tujuan dari dilakukan penelitian tentang Wisata Alam Curug Ceheng yang bertempat di Sumbang, Purwokerto, Kabupaten banyumas yaitu :
1)   Untuk mengetahui kondisi Wisata Alam Curug Ceheng
2)   Untuk mengetahui apa saja fasilitas yang disediakan di Wisata Alam Curug Ceheng..
3)   Untuk mengetahui daya tarik sekaligus kekurangan mengenai Wisata Alam Curug Ceheng.
C.    PELAKSANAAN OBSERVASI
Observasi ini saya lakukan dengan keterangan sebagai berikut :
             I.       Lokasi Observasi
Lokasi observasi adalah Wisata Alam Curug Ceheng yang berada di Desa Gandatapa, Kecamatan Sumbang, Purwokerto, Kabupaten Banyumas.
           II.       Waktu Observasi
Waktu pengamatan sekitar pukul 10.30 WIB sampai dengan 13.00 WIB , dilakukan pada Hari Senin, tanggal 1 Juli 2013 yaitu saat liburan Akhir Semester Genap.
         III.       Cara Kerja
Saya melakukan pengamatan langsung di Lapangan dan melakukan wawancara langsung dengan penjaga Loket Wisata Alam Curug Ceheng.
D.   RUMUSAN MASALAH
-    Bagaimana kondisi Wisata Alam Curug Ceheng?
-    Mengapa Wisata Alam Curug Ceheng masih sepi dikunjungi?



BAB II
PEMBAHASAN

A.    WISATA ALAM CURUG CEHENG
Air terjun atau biasa disebut Curug Ceheng memiliki terjun air yang tingginya hanya 13 Meter dan berada di lereng tenggara Gunung Slamet, yaitu dengan ketinggian sekitar 600 M diatas permukaan laut. Air terjun ini merupakan salah satu bagian dari aliran Kali (Sungai) Pelus yang mengalir ke daerah hilir sampai Sumbang dan Sokaraja.
I.   Lokasi
Air terjun (Curug) Ceheng terdapat di Kecamatan Sumbang, lebih tepatnya di Desa Gandapata, Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah. Jika perjalanan dari kota Purwokerto sekitar 15 KM arah Timur Laut. Curug Ceheng lebih tepatnya terletak pada koordinat GPS: -7° 19' 36.00", +109° 16' 4.00". untuk menuju ke Curug Ceheng, tidak terlalu sulit. Jika berangkat dari arah Purwokerto dengan kendaraan pribadi langsung mengambil jalur kearah sumbang dengan melewati kawasan universitas Unsoed. setelah sampai di pertigaan Pabuaran, ambil belokan ke kanan ke arah Sumbang. Ambil jalan lurus sampai tiba di pertigaan paling ujung, selanjutnya belok ke kiri ke arah Limpakuwus. Ikuti jalan dan akan didapati perempatan dengan tugu, terus saja ambil jalan lurus. Sampai di pertigaan besar selanjutnya belok ke arah kiri, kemudian ikuti jalan. Dari sini Wisata Curug Ceheng berada dikiri jalan.
II. Aksesbilitas
Selain dari Limpakuwus, Curug Ceheng juga dapat ditempuh melalui Dukuh Waluh atau jalan HR Bunyamin. jika dari Purbalingga bisa melewati Padamara sebebagus. Bagi yang menggunakan kendaraan umum dapat naik angkutan pedesaan dari Sumbang dengan Rute Limpakuwus. Namun angkutan umum ini sedikit jumlahnya sehingga jarak tunggu angkutan lumayan lama.
Sebelum masuk curug, ada pintu gerbang dengan gapura besar yang diatasnya terdapat miniatur patung naga dan bertuliskan Curug Ceheng. Dipintu masuk ini akan ditemui Pos tempat penjualan tiket masuk dan informasi mengenai curug.
Selanjutnya dari gerbang pintu masuk ini, harus menempuh lagi jarak sekitar 400 meter untuk mencapai lokasi. Jarak ini harus ditempuh dengan berjalan kaki, karena untuk mencapai curug ini harus menuruni tebing yang cukup terjal sekitar 80 Meter. Untuk menuruni tebing ini, sudah disediakan anak tangga yang berkelak kelok untuk memudahkan pengunjung berjalan. Kehati-hatian masih sangat diperlukan, karena ada anak tangga yang masih berupa tanah dan belum disemen, pagar untuk pegangan juga tidak tersedia di seluruh bagian.
III.  Tiket dan Parkir
Untuk dapat menikmati keindahan Curug Ceheng kita tak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Kita hanya perlu membayar Rp 1500,- perorang  untuk tiket masuk, bahkan sudah termasuk asuransi kecelakaan yaitu Rp 100,- . Sedangkan pungutan untuk parkir kendaraan roda dua Rp 1000 dan kendaraan roda empat hanya dipungut Rp 2000,- . Pembayaran tiket dan parkir dapat dibayar pada loket pintu masuk. Tempat parkir kendaraan berada tepat setelah gerbang masuk sebelah kiri. Tempat parkir cukup aMan karena berada didalam wilayah wisata dan juga berdekatan dengan pembayaran loket pada pintu masuk.
IV.   Fasilitas dan Akomodasi
Fasilitas yang disediakan di Wisata Alam Curug Ceheng antara lain  :
1.      Loket tiket
Loket tempat pembayaran tiket berada di sebelah kiri gerbang pintu masuk. Biasanya disana dijaga oleh 3 orang penjaga dan 1 penjaga parkir. Di loket tiket juga kita dapa menanyakan beberapa hal seputar Curug Ceheng.
2.      Area parkir
Area parkir disini cukup luas dan sudah dijamin aman, karena bertempat di dalam lokasi wisata juga berdekatan dengan loket pembayaran tiket.
3.      Area Bumi perkemahan
Sekitar 100 meter dari loket dapat ditemukan sebuah lahan yang cukup lapang untuk tempat berkemah dan baiasanya lebih sering digunakan untuk parkir kendaraan roda empat, karena masih jarang terdapat orang yang berkemah ditempat ini.
4.      Pendopo kecil
Di Wisata Alam Curug Ceheng juga terdapat 3 pendopo kecil untuk tempat beristirahat. Pendopo pertama kurang lebih terletak 2 meter dari loket, pendopo dua kurang lebih terletak 6 meter dari loket dan yang terakhir berada kurang lebih 75 meter dari loket.  Pendopo kecil ini kurang lebih berukuran 3 meter persegi sehingga sangat cukup untuk beristirahat sembari menikmati suasana alam di sekitar. Dari 3 pendopo kecil ini terdapat satu pendopo kecil yang tempatnya strategis, dari sini kita dapat melihat langsung aliran sungai dari Curug Ceheng dan pemandangan hutan dan bukit yang lebih rendah.
5.      Warung
Sekitar 100 meter dari loket kita dapat mendapati sebuah warung berbentuk rumah yang menjual jajanan kecil seperti contoh minuman, makanan ringan, rokok, sampho, sabun dan yang lainnya. Disinipun harganya masih standar, tidak seperti warung di tempat wisata kebanyakan yang memasang harga lebih mahal dari harga standar. Warung ini milik warga yang bertempat tinggal di curug ceheng. 25 meter dari sini yaitu sebelum kita menuruni tangga menuju lokasi curug terdapat bekas gubugan untuk berjualan. Namun gubgan itu sudah mulai doyong, mungkin karena sudah lama tidak digunakan untukberjualan.
6.      Tangga Berbatu
Untuk menuju lokasi curug kita haruslah menuruni sebuah bukit dan itu memiliki kemiringan kurang lebih 45 derajat. Oleh karena itu disini disediakan tangga berbatu. Tangga berbatu ini berkelok-kelok mengikuti kontur tebing. Tangga ini memiliki kurang lebih 500 anak tangga dari batu namun ada juga yang masih bertanah. Karena tangga dominan berbatu dan berada didaerah lembab tidak jarang akan ada lumut dan membuat tangga ini cukup licin sehingga Tangga ini juga dilengkapi dengan pegangan dari besi untuk mempermudah pengunjung menuruni tangga dan juga untuk meminimalisir kecelakaan. Sayangnya tidak disemua anak tangga dilengkapi dengan pegangan besi ini. Sepanjang perjalanan tanahnya ditumbuhi rerumputan lebat.
7.      WC
20 meter dari Curug dapat ditemukan 2 buah WC berukuran 2meter persegi. Namun WC ini kurang terawat dan sudah rusak, sehingga tidak bisa digunakan. Padahal jika di rawat lebih baik, WC ini dapat digunakan sebagai tempat ganti setelah bermain air di Curug. Sehingga harus berpikir 2 kali untuk berbasah-basahan dengan air, karena saat ini tidak terdapat ruang untuk berganti pakaian.
8.      Tempat istirahat
Di dekat WC juga terdapat tempat istirahat berbentuk atap persegi panjang dengan 6 tiang penyangga. Tempat ini biasanya digunakan untuk beristirahat setelah bermain di curug. Bisa juga digunakan untuk tempat bernaung dari terik matahari atau hujan.
B.   DAYA TARIK WISATA ALAM CURUG CEHENG
Dari banyak curug, Curug ceheng memiliki daya tarik tersendiri yang menjadi alasan curug ini untuk dikunjungi antara lain :
1.        Harga tiket yang terjangkau
Harga yang dibayar untuk bisa menikmati suasana curug ceheng tidak lebih dari 5000 per orangnya.
2.        Perjalanan yang melewati Safana dan persawahan
Inilah salah satu kelebihan dari Curug Ceheng. Saat perjalanan jika kita mengambil jalur dari Baturaden belok kanan kita akan melewati pemandangan yang sangat asri. Bahkan kita akan mendapati safana yang sangat indah sehingga mengobati rasa lelah selama perjalanan jauh yang kita tempuh untuk sampai di tempat Wisata. Jika melewati Limpakuwus, kita juga akan mendapatkan pemandangan yang tak kalah bagus. Kita akan melewati persawahan penduduk yang hijau dan sangat sedap di mata.
2.        Udara yang sangat segar.
Karena berada di Lereng Gunung Slamet, udara disini masih sangat segar juga tidak ada polusi yang berarti di daerah ini sehingga udara terjaga kebersihannya. Suhu di sini pun lumayan dingin karena letaknya yang tinggi, baru sampai di Limpakuwuspun udara dingin sudah terasa disini. Olehkarena itu persiapkanlah jaket atau baju hangat jika hendak berkunjung kesana.
3.        Memiliki tempat lapang untuk berkemah.
4.        Pemandangan sekitar curug yang sangat menawan.
Karena berada diantara bukit, membuat curug ini kaya akan pemandangan alam. Saat kita menuruni tanggapun sudah dapat dilihat pemandangan alam yaitu hutan  yang sangat mempesona dan sangat nyaman dimata untuk dilihat juga lekukan aliran sungai dari curug.
5.        Suasana yang masih sangat alami.
Ini karena Wisata Alam Curug Ceheng terletak di pedesaan sehingga masih sangat alami dan jauh dari polusi pabrik dan yang lainnya.
6.        Curugnya tidak terlalu tinggi
Karena hanya memiliki tinggi 13 meter dan alirannya yang tidak terlalu deras dan besar seperti Curug Cipendok, Curug Ceheng ini dapat didekati sampai jarak 4 meter dari ceruk (tempat jatuhnya air).
7.        Airnya yang jernih
Air di curug ini sangatlah jernih, sehingga bebatuan yang berwarna cokelat terlihat sangat jelas. Air yang berada disekitar ceruk berwarna biru kehijau-hijauan sehingga mempercantik keindahan curug ini. Jika dilihat dari kejauhan, curug ini akan menampakan warna bening, cokelat kemudian biru kehijau-hijauan. Warna air pada ceruk yang berwarna biru kehijau-hijauan ini menandakan kedalaman air di sekitar ceruk. Dari penjaga loket yang saya tanyai, sampai sekarang belum ada yang tahu berapa kedalaman air di sekitar ceruk tersebut, sehingga saat perjalanan menuju lokasi curug terdapat papan peringatan agar pengunjung tidak berenang di area curug apalagi bagian ceruk.
8.        Dikelilingi dinding bebatuan
Dinding bebatuan disekitar jatuhnya air ini terdapat beberapa tumbuhan pakis. Serta terlihat beberapa aliran air mengalir seperti pancuran kecil pada dinding batu tersebut. Pemandangan yang sangat menggagumkan.
9.        Kadang terlihat pelangi kecil.
Curug Ceheng ini berbentuk setengah lingkaran. Jika cuaca sedang cerang, kadang akan terdapat pelangi kecil yang sangat indah dan kita dapat manikmati panas matahari dengan udara yang dingin.
10.    Terdapat pendopo kecil
Jika ingin beristirahat kita daat langsung menuju ke pendopo untuk melepas lelah. Kita juga sapat memakai tikar dan bersantai disana layaknya kita sedang melaksanakan piknik juga ditemani oleh pemandangan yang sangat asri.
C.  KEKURANGAN DARI WISATA ALAM CURUG CEHENG
Selain kelebihan, Wisata Alam Curug Ceheng inipun memiliki kekurangan antara lain :
1.        Tidak adanya selebaran mengenai Curug Ceheng yang diberikan oleh petugas loket, sehingga untuk pengunjung yang baru datang tidak dapat mengetahui sulukbeluk Curug Ceheng, melainkan harus bertanya terlebih dahulu kepada petugas loket.
2.        Dari pintu masuk hingga lokasi curug saat itu saya tidak melihat adanya tempat sampah, sehingga saat tiba di lokasi curug saya mendapati seunggukan sampah anorganik berada di semak-semak.
3.        Tingkat keamanan yang masih kurang. Dibuktikan dengan tidak adanya petugas yang berada di lokasi sekitar curug dan yang saya lihat petugas hanya ada di daerah gerbang saja.

4.        Beberapa fasilitas yang sudah tidak terawat lagi seperti WC.
5.        Masih ada anak tangga yang tidak  memiliki pegangan dan ada pula yang belum berbatu, sehingga harus sangat berhati-hati menuruni tangga.
6.        Hanya terdapat satu warung saja didalam area wisata.
D.  FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KURANGNYA PENGUNJUNG WISATA ALAM CURUG CEHENG.
Keindahan Curug Ceheng tidak perlu diragukan, namun sayang Wisata Alam Curug Ceheng ini masih sepi dikunjungi. Inilah faktor yang mempengaruhi kurangnya pengunjung di Wisata Alam Curug Ceheng :
1.        Karena letaknya yang cukup plosok, membauat curug ini susah untuk dicari.
2.        Fasilitas yang masih minim.
3.        Tidak terawatnya fasilitas-fasilitas yang sudah ada.
4.        Hanya terdapat curug sebagai wisata utama.
5.        Kurangnya sosialisasi tentang Curug Ceheng sehingga banyak masyarakat diluar kota yang tidak tahu ada Wisata Alam Curug Ceheng.
6.        Kurangnya rambu-rambu penunjuk jalan menuju Curug Ceheng dan tak jarang banyak pengunjung yang tersesat sebelum sampai di Wisata Alam Curug Cipendok.
7.        Kurangnya keamanan di lokasi Curug. Pengamanan hanya terdapat di gerbang pintu masuk saja, setelahnya jarang ada petugas yang mengecek situasi sekitar curug saat terdapat pengunjung.
8.        Sulitnya angkutan kota yang menuju lokasi wisata ini. Kita harus menuju Sumbang terlebih dahulu dan menunggu mendapatkan angkutan disana. Namun lebih mudah menggunakan kendaraan pribadi.

BAB III
PENUTUP
A.    KESIMPULAN
Alam yang sangat indah dan mempesona tidak akan ada gunanya jika tidak dirawat dengan baik. Maka minat pengunjung harus di tarik dengan keunikan lainnya agar ramai dikunjungi. Perawatan dan pelestarianpun harus terus dilaksanakan baik dari alam maupun fasilitas-fasilitas yang sudah ada. Lebih baik menggunakan kendaraan pribadi, Karena Wisata Alam Curug Ceheng terletak di tengah-tengah pedesaan, akses transportasi disini masih minim seperti angkutan pedesaan.


B.    SARAN
Untuk membuat pengunjung tertarik, dari pihak pengurus wisata harusnya lebih giat mempromosikan wisatanya, seperti memasang banner dijalan raya, iklan di media sosial atau yang lainnya. Bukan hanya itu, fasilitas yang sudah adapun harus benar-benar diperbaiki dan dirawat. Agar pengunjung tidak bosan, alangkah baiknya alam yang sudah ada dimanfaatkan secara positif untuk menambah wahana seperti fasilitas untuk outbond, rapling dan lain-lain. Keamanan disinipun harus jauh lebih ditingkatkan lagi agar pengunjung merasa nyaman dan aman berada disana. Satu hal lagi yang tak kalah penting yaitu penambahan warung didalam lokasi wisata sangat dibutuhkan agar para pengunjung bisa menikmati makanan dan langsung dimakan dengan ditemani pemandangan yang indah.



DAFTAR PUSTAKA



LAMPIRAN
RAMBU PENUNJUK LOKASI WISATA


TEMPAT PARKIR
TANGGA UNTUK MENURUNI BUKIT
 
ALIRAN SUNGAI CEHENG
CURUG CEHENG
MENAWAN BUKAN?
TINGGINYA LUMAYAN LOH

DENGAN BEBATUAN CEKELAT YANG MENAWAN

DIBELAKANG SAYA ADALAH CERUKNYA

SEMOGA MEMBUAT KALIAN IRI HAHAI
BERSAMA KAKAK TERCINTA HEHE
SALAH SATU PENDOPO
PINTU MASUK NAMPAK DARI DALAM
 
DAN OBSERVASI TELAH SELESAI.

DITUNGGU KEDATANGANNYA DI BANYUMAS, KOTA SATRIA. semoga bermanfaat yaaaaa. sampai jumpa.
Categories:

5 komentar:

  1. ketika di kaitkan dengan Ekonomi, apa yg menjadi masalah dan peluang di Curug Ceheng tersebut???

    BalasHapus
  2. yang saya ingat dan saya lihat ketika disana, wisata ceheng ini masih sepi pengunjung dan termasuk wisata yang belum cukup dikenal keberadaannya. mungkin karena kurang promosi atau bagaimana. menyebabkan kurangnya pengunjung juga berakibat pada penghasilan yang didapat. hal ini berkaitan pula dengan fasilitas-fasilitas yang ada menjadi sangat minim. padahal jika dipromosikan dengan baik, mungkin wisata ini akan ramai pengunjung dan secara otomatis akan membuka peluang bisnis di wisata ini. misalkan out bond,ojek mobil atau motor karena cukup jauh dari pusat kota atau bisa juga para warga sekitar memanfaatkannya untuk berjualan disini.menurut saya wisata ini patut dipertimbangkan untuk rekreasi keluarga atau bahkan rekreasi pendidikan, karena disini terdapat lahan yang cukup untuk berkemah juga alam sekitar yang masih alami dan sangat asri.

    BalasHapus
  3. ANGKOR4D adalah situs resmi togel online terpercaya,sudah ribuan member yang bergabung bersama kami di ANGKOR4D yang menjadikan situs judi online favorit pemain togel online.

    PROMO Angkor4D :
    �� BONUS DEPOSIT HARIAN
    �� BONUS CASHBACK
    �� BONUS ROLLINGAN
    �� BONUS REFERRAL SEUMUR HIDUP �� MINIMAL DEPOSIT & WITHDRAW Rp.20.000,- DISKON TOGEL :
    �� 4D : 66%
    �� 3D : 59.5%
    �� 2D : 29.5%

    jokerslot123

    Agenpokeronline

    COSTUMER SERVISE : ☎ LIVE CHAT 24 JAM ONLINE ☎ Telegram : Angkor4d ☎ WA : +6281235709768

    BalasHapus
  4. ANGKOR4D adalah situs resmi togel online terpercaya,sudah ribuan member yang bergabung bersama kami di ANGKOR4D yang menjadikan situs judi online favorit pemain togel online.

    PROMO Angkor4D :
    �� BONUS DEPOSIT HARIAN
    �� BONUS CASHBACK
    �� BONUS ROLLINGAN
    �� BONUS REFERRAL SEUMUR HIDUP �� MINIMAL DEPOSIT & WITHDRAW Rp.20.000,- DISKON TOGEL :
    �� 4D : 66%
    �� 3D : 59.5%
    �� 2D : 29.5%

    jokerslot123

    Agenpokeronline

    COSTUMER SERVISE : ☎ LIVE CHAT 24 JAM ONLINE ☎ Telegram : Angkor4d ☎ WA : +6281235709768

    BalasHapus