Rabu, 12 Juni 2013

CONTOH FUNGSI VLOOKUP

moshi-moshi! :D ada yang kangen setelah saya vakum sebulan pemirsa? ah banyak sekali ternyata *ilusi*. oke saya harap pembaca disitu baik-baik saja, aamiin. Langsung saja, kali ini saya akan sedikit membahas tentang fungsi vlookup. apa itu? yang jelas bukan jenis makanan kawan hehe dari dulu sampai sekarang rumus vlookup paling populer digunakan dalam aplikasi Ms.Excel. Lalu apa itu Fungsi VLOOKUP?

sebelumnya, dalam Ms.Excel ada dua jenis fungsi lookup value yaitu:
1. VLOOKUP (Vertical lookup)
2. HLOOKUP (Horisontal lookup) 


VLOOKUP adalah fungsi yang digunakan dalam pencarian nilai suatu tabel atau range referensi yang sebelumnya disimpan terlebih dahulu. Vlookup digunakan untuk mencari data baris demi baris (vertical) pada tabel referensi, sedangkan Hlookup digunakan untuk mencari data tiap kolom (horisontal). Baik Vlookup maupun Hlookup kita harus membuat area tabel terlebih dahulu.

bentuk umum fungsi pembacaan table adalah :
=VLOOKUP(Sel Uji,Area Tabel,Nomer kolom,0)
Sel uji : sel yang akan diuji
Area Tabel : berisi nama area tabel
No. kolom : berisi urutan kolom yang akan dibaca
0(nol) : sebagai syarat karena jika tidak memakai 0 maka hasil fungsi akan #N/A
 
catatan : tanda koma( , ) pada rumus ditas bisa diganti dengan tanda titik koma ( ; ) karena ada beberapa laptop atau komputer yang tidak bisa menggunakan koma. kedua tanda tersebut pada dasarnya memiliki fungsi yang sama.

bagaimana? sudahkah ada bayangan tentang penggunaan vlookup? baiklah, untuk memperjelas kita langsung praktek saja.

langkah-langkahnya adalah :

 1. Buatlah tabel utama seperti gambar dibawah ini, kemudian blok sel A3:E13 sebagai AREA TABEL.

 2. Berilah nama pada area tabel tersebut dengan cara klik tab formula - define name. Kemudian akan muncul kotak dialog define name lalu isi kolom name sebagai nama dari tabel (pada contoh area tabel saya beri nama 'tabel buku') lalu ok.

Area Tabel

  3. Lalu  buatlah tabel seperti dibawah ini pada sheet yang berbeda.Kemudian masukan rumus pembacaan tabel ke dalam kolom Judul Buku, Tingkat, Penerbit, Harga dengan nomor kolom yang sesuai dangan tabel utama pada sheet sebelumnya


untuk mengisi kolom yang kosong maka tulislah rumus sesuai dengan =VLOOKUP(SEL UJI;AREA TABEL;NO KOLOM;0)

JUDUL BUKU : karena sel ujinya pada A4 dan area data yang sebelumnya kita namai 'Transaksi' pada sheet sebelumnya. Karena kita akan mengisi kolom Judul buku, kita harus mengisi formula sesuai dengan area tabel sebelumnya yaitu judul buku yang merupakan kolom B (kolom ke 2 dari kiri) akan kita jadikan syarat fungsi vlookup. Maka pada B4 kita tuliskan rumus
 =VLOOKUP(A4;TRANSAKSI;2;0)kemudian enter.

 TINGKAT : karena pada area tabel 'Transaksi' kolom tingkat berada pada kolom C(kolom urutan ke 3 dari kiri) maka untuk mengisi kolom tingat (C4) gunakanlah rumus
=VLOOKUP(A4;TRANSAKSI;3;0)kemudian enter, untuk mengisi pada baris dibawahnya cukup dengan mendrag sel B4. fungsinya hampir sama dengan penulisan rumus Judul buku, hanya daja berbeda pada nomor kolom.
PENERBIT : karena pada area tabel 'Transaksi' kolom penerbit berada pada kolom D(kolom urutan ke 4 dari kiri) maka untuk mengisi kolom penerbit (D4) tulislah rumus
=VLOOKUP(A4;TRANSAKSI;4;0) kemudian drag kebawah
HARGA : karena pada area tabel 'transaksi' kolom Harga berada pada kolom E(kolom urutan ke 5 dari kiri) maka untuk mengisi kolom harga tulislah rumus sebagai berikut
=VLOOKUP(A4;TRANSAKSI;5;0)maka hasilnya seperti gambar dibawah

JUMLAH HARGA : Untuk mengisi kolom jumlah harga adalah Harga di kali dengan Quantity maka rumusnya adalah
=F4*E4 kemudian enter dan drag. hasil akhirnya adalah

oke, silahkan dicoba :D  terutama buat anak SMA kelas 2 yang lagi pening mikirin aplikasi ms.excel . Calm aja kawan! ms.excel sebenarnya gampang kok, asal sering-sering aja ngutak-ngatik yang kaya beginian. maaf kalo misal ada kesalahan dalam materinya, saya kan juga baru belajar *pasang muka kere*. Makasi kawan udah mau belajar disini dan makasih banyak buat guru TIK SMA N AJIBARANG, berkat beliau saya bisa berbagi ilmu ini.
Selamat mencoba kawan! sukses yaa belajarnya :)
Categories:

3 komentar:

  1. Om maksud dari buat tabelbaru di sheet yang berbeda itu gimana?

    BalasHapus
  2. Om maksud dari buat tabelbaru di sheet yang berbeda itu gimana?

    BalasHapus
  3. Jadi, kamu buka sheet baru. Biasanya ada di pojok kiri. Di sheet yang baru kamu buat tabel dengan susunan yang sama. Ada kode buku dll. Hanya kode bukunya saja yang diisi.. Nanti bagian kolom yang kosong kamu isi dengan rumus yang sudah saya tuliskan diatas.. Maka otomatis akan terisi sama persis dengan tabel yang pertama kali kamu buat di sheet yang pertama..

    BalasHapus